27 July 2010

India Luncurkan iPad Tandingan Seharga 315 ribu

Jika harga menjadi salah satu ukuran untuk memenangkan persaingan pasar, produk iPad tampaknya akan kesulitan menghadapi gadget sejenis buatan India. Pekan lalu, pemerintah India merilis prototipe komputer jinjing berteknologi layar sentuh seperti yang dimiliki iPad buatan Apple Inc.

Selain menandingi teknologi layar sentuh iPad, komputer tablet ini hanya akan dibanderol US$35 atau hanya sekitar Rp315 ribu, bandingkan dengan iPad yang saat diluncurkan harganya US$499 atau sekitar Rp4,49 juta.

Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia India Kapil Sibal saat memperkenalkan komputer tablet itu di India, Kamis (22/7), mengatakan komputer murah tersebut ditujukan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa untuk bisa melakukan browsing, video konferensi, hingga pengolahan data hasil penelitian atau belajar.

Komputer layar sentuh yang belum diberi nama ini tidak memiliki hard disk, sebagai gantinya menggunakan kartu memori seperti ponsel. Selain menggunakan tenaga baterai, komputer ini juga bisa memanfaatkan tenaga surya untuk pengoperasiannya.

"Operating system komputer ini menggunakan Linux dan akan kita pasarkan mulai tahun depan," kata Sibal.

Proyek komputer murah ini memang merupakan bagian dari inisiatif pemerintah India yang juga bertujuan untuk memperluas broadband untuk semua 25.000 India perguruan tinggi dan 500 universitas. ( mediaindonesia.com )

No comments: