27 July 2010

Laptop Termurah di Dunia, Hanya 300 Ribuan

India telah datang dengan laptop termurah di dunia , sebuah komputer layar sentuh-perangkat yang berharga $ 35.

Sibal Kapil, Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia India minggu ini meluncurkan perangkat komputasi biaya rendah yang dirancang untuk siswa, mengatakan pihaknya telah mulai pembicaraan dengan produsen global untuk memulai produksi massal.

"Kami telah mencapai tahap (perkembangan) bahwa hari ini, motherboard, chip-nya, pengolahan, konektivitas, semuanya secara kumulatif biaya sekitar $ 35, termasuk memori, layar, semuanya," katanya dalam konferensi pers.

Dia mengatakan gadget touchscreen itu penuh sesak dengan browser Internet, PDF reader dan fasilitas konferensi video tetapi hardware yang diciptakan dengan fleksibilitas yang cukup untuk memasukkan komponen baru sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sibal mengatakan perangkat komputasi berbasis Linux diperkirakan akan diperkenalkan kepada lembaga-lembaga pendidikan tinggi dari 2011 tetapi tujuannya adalah untuk penurunan harga lebih lanjut ke $ 20 dan akhirnya menjadi $ 10.

Perangkat ini dikembangkan oleh tim riset di lembaga utama teknologi India, Indian Institute of Technology dan Indian Institute of Science.

India menghabiskan sekitar tiga persen dari anggaran tahunan untuk pendidikan sekolah dan telah meningkatkan tingkat melek huruf untuk lebih dari 64 persen penduduknya 1200000000 namun studi menunjukkan banyak siswa yang hampir tidak dapat membaca atau menulis dan sebagian besar negara-menjalankan sekolah memiliki fasilitas memadai.
Ref : reuters

No comments: