03 August 2010

Tips Optimasi SEO Keyword Density

Setelah beberapa waktu kemarin sempat membicarakan mengenai tips SEO untuk pemula, tips optimasi SEO pada judul artikel, tips optimasi SEO dengan memasang meta tag, dan tips optimasi SEO pada gambar, maka kali ini akan coba membahas mengenai tips optimasi SEO pada keyword density. Apa itu keyword density? Keyword density adalah tingkat kepadatan keyword di dalam artikel.

Jadi kurang lebih intinya adalah ada ketentuan perbandingan jumlah keyword yang disarankan agar optimasi SEO berjalan dengan baik. Jumlah keyword yang disarankan dalam 1 artikel adalah 2% - 7%. Sebagai contoh, misalkan dalam 1 artikel ada 100 kata, maka jumlah keyword yang disarankan untuk ditulis berulang adalah 2 sampai dengan 7 kali. Terlalu banyak pengulangan keyword akan membingungkan mesin pencari, dan bukan tidak mungkin akan dianggap sebagai spam keyword.

Lalu apakah harus selalu menghitung jumlah kata dalam artikel yang kita buat? Jika memang ingin serius menjalankan kaidah keyword density ini, ya mau tidak mau harus melakukan perhitungan kata. Namun rasanya tidak terlalu sulit juga untuk menghitung jumlah kata, karena dalam microsoft word pun ada menu untuk menghitung jumlah kata (di bagian menu ada tools -> word count). Lalu ada juga situs yang saya temukan untuk menghitung keyword density ini (by link url), yaitu di www.keyworddensity.com.

Bagi pemula seperti saya, teknik optimasi SEO keyword density ini memang tidak terlalu nyaman dan mudah untuk dilakukan. Dan jujur saya memang belum coba memperhatikan perihal keyword density ini secara serius (faktanya dapat dilihat di artikel - artikel blog ini, masih jauh dari penerapan 2%-7% ). Salah satu cara jitu yang dapat dilakukan agar bisa menulis dengan keyword density yang optimum adalah dengan latihan, latihan, dan latihan. Semakin banyak kita berlatih menulis secara baik dan terorganisir, maka lama kelamaan kebiasaan tersebut akan menjadi suatu hal yang biasa dan akan terjadi dengan sendirinya .

sumber : http://slikers.blogspot.com/

No comments: